Oh ya... saya udah jarang update blog saya, kalau mau lihat postingan saya yang lain silakan follow facebook saya aja ya, postingannya udah di setting public jadi bisa diliat siapapun tanpa berteman, nama akunnya Eko Dwi Saputra. Kalau mau curhat, konsultasi dan Hipnoterapi jarak jauh via WA boleh juga, ditunggu di 085750282323.

Minggu, 15 April 2012

Bolehkah berdoa pada Allah memohon agar seseorang menjadi jodoh kita?

Kemarin ngobrol-ngobrol dengan teman-teman guru disekolah dengan topik "jodoh". Menarik sekali, tapi karena sudah jam pulang akhirnya menyisakan pertanyaan yang belum dibahas, yaitu "Bolehkah berdoa pada Allah memohon seseorang agar menjadi jodoh kita?"

Hmm... Jawabnya tentu saja boleh. Hak kita pada Tuhan hanya meminta, dan memang Tuhan yang suruh. Tapi mari jawab dengan jujur mana diantara doa ini yang lebih mungkin disegerakan Tuhan?

Pertama,
"Ya Allah, jadikanlah si 'A' sebagai jodoh hamba. Hamba suka padanya jadikanlah ia suka padaku dan akhiri kami dalam pernikahan."

Kedua,
"Ya Allah... Berikanlah aku jodoh yang rupawan, yang mapan, yang setia dan menyayangiku agar ku bahagia dan terjamin dimasa depanku."

Ketiga,
"Ya Allah, isilah hatiku dengan kasih sayang, baikkanlah rejekiku, elokkanlah pekertiku agar aku bisa membahagiakan jiwa yang akan Kau jodohkan denganku"

Doa yang pertama atau kedua terkesan mendikte Tuhan dan berfokus pada kesenangan dirinya, tidak peduli pasangannya, egois lah pokoknya. Sementara doa ketiga berfokus pada kebahagiaan orang ini nanti. Doa orang yang berhati mulia seperti ini mungkinkah ditolak Tuhan??

Ingat, kunci bahagia adalah ketika kita memberi. Ketika kita lebih bermanfaat bagi sesama. Allah Maha Memberi dan akan mensegerakan pemberiannya kepada hamba yang bermental memberi, yang tujuan hidupnya membahagiakan orang lain.

Jodoh memang ditangan Tuhan. Tapi menurut kosep saya, di tangan Tuhan itu ada beberapa kandidat jodoh untuk kita, ada si A, si B, si C, masing-masing dengan kualitas yang berbeda, ada yang baik, moderat atau buruk. Ketika sudah tiba saatnya jodoh itu harus dipertemukan dengan kita, kira-kira kandidat mana yang diutus? Itu tergantung pada kualitas pribadi kita. Karena Tuhan punya hukum, wanita baik akan dipasangkan dengan pria baik sedangkan wanita keji untuk pria keji. Tuhan Maha Adil. Mudah-mudahan konsep ini lebih mudah diterima dibanding pemahaman bahwa Tuhan menyiapkan satu kandidat di tangannya. Bagaimana jika yang ditangan Tuhan adalah jiwa yang baik tapi anda adalah pribadi yang buruk! Tentu ini akan bertentangan dengan hukum Tuhan tentang masalah jodoh.

Jadi... Bukan jodoh yang kita pikirkan, tapi menjadi sepantas-sepantasnya pribadi bagi siapapun belahan jiwa yang baik yang disiapkan Tuhan.


Bagi yang belum menikah, ini nasehat ku...

Nasihat pernikahan itu lebih banyak diminta setelah pernikahan daripada sebelum pernikahan. Kita sulit dinasehati sebelum menikah, setelah menikah kebanyakan dari kita kehilangan kepercayaan, karena melihat kenyataan yang sesungguhnya dari pasangan kita.

Memang cinta itu dibuat seperti membutakan kita. Padahal cinta itu tidak buta. Cinta itu melumpuhkan logika.

Kalau kita tahu bahwa nasehat itu akan dibutuhkan setelah pernikahan. Pastikan anda belajar semua kebaikan hidup dalam pernikahan, sebelum anda jatuh cinta - ketika anda masih logis.

84 komentar:

  1. Assalamualaikum wr. wb
    Pak mf sya mau tanya kalau doa yang seperti dibawah ini itu bagaimana :

    Tuhanku,
    Kalau dia memang jodohku,
    dekatkanlah. ..
    Tapi kalau bukan jodohku,
    Jodohkanlah. ...
    Jika dia tidak berjodoh denganku,
    maka jadikanlah kami berjodoh..

    Kalau dia bukan jodohku,
    jangan sampai dia dapet jodoh yang lain,
    selain aku...
    Kalau dia tidak bisa di jodohkan denganku,
    jangan sampai dia dapet jodoh yang lain,
    biarkan dia tidak berjodoh sama seperti
    diriku...
    Dan pada saat dia telah tidak memiliki jodoh,
    jodohkanlah kami kembali...

    Kalau dia jodoh orang lain,
    putuskanlah!
    Jodohkanlah dengan ku....
    Jika dia tetap menjadi jodoh orang lain,
    biar orang itu ketemu jodoh dengan yang lain
    dan
    kemudian Jodohkan kembali si dia dengan ku ...
    "Amiin..."

    Kalau doa seperti itu bagaimana pak kan itu untuk doi yang dicintai dan dia yang terbaik untuk dipilih, tapi jujur pak sebenarnya sya merasakan yg seperti itu, saya sangat2 menginginkan sekali untuk bersamanya hidup bersamanya, saling melengkapi kekurangan kelebihannya, saling mendampingi di kala susah senang dan sedih..

    Terima kasih ;( :)..

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu doa bercanda aja. jangan dianggap serius... doa itu PASRAH bukan maksa,

      Hapus
  2. Yang kita lihat dan rasakan belum tentu baik buat kita... karena hanya Allah yang tau mana yang terbaik bagi kita,,,'Jadi menurut saya,,, serahkan urusan jodoh sama Allah, pasti Dia memberikan yang terbaik bagi kita ,,, Allah tidak akan menjerumuskan hambanya!!!
    Yang kita perjuangkan belum tentu baik bagi kita nantinya,,, menurut saya Anda terlalu berlebihan dalam mencintai seseorang

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya pernah berdoa sebegini alhamdulilah makbul, ketika tu di bulan ramadhan dan sepanjang bulan ramadhan itu saya tidak pernah putus asa untuk berdoa. namun tak di sangka ianya makbul, percaya atau tidak terserah, hanya hati ikhlas dan bersungguh sungguh perlu di lakukan dengan sepenuh hati. alhamdulilah dalan bulan ramadhan tu juga doa saya di makbulkan. alhamdulilah.. apatah lagi si dia yang saya cintai itu bukan islam dan berbeda nagara, namum itu bukan penghalang, percaya la

      Hapus
    2. Terus kelanjutannya gimana? Apakah dia menjadi jodohmu?

      Hapus
  3. Balasan
    1. jangan ASAL kalau berdoa dan berusaha Nanti Asal juga hasilnua

      Hapus
  4. Iyaa,, saya merasakan sama sayang sama seseorang, tapi sekarang dia sudah menikah, saya sangat sedih sekali kenapa Allah tidak menjodohkan dengan ku,, tapi saya berdoa "ya Allah saya sangat menyayangi dia, alangkah bahagianya jika aku dijodohkan dengan dia, tapi sekarang dia sudah jadi milik orang lain,, ya Allah jika aku tidak bisa memilikinya, maka hilangkanlah perasaan ku sayang ku ini dari dia, dan tempatkanlah rasa sayang ku ini sama orang yang kelak menjadi jodohku",,, apakah doa seperti itu boleh ku panjatkan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikhlaskan saja... Insyaallah di berikan yg terbaik untukmu yang Allah ridhoi untukmu

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  5. saya punya teman cwo, kami bekerja di perusahaan yg sama. kami pernah pacaran hanya 3minggu alasan dia mau fokus kuliah saya maklumi, tapi dengar" dia dekat dengan mantannya yg lulusan D3, ada teman dia yg bilang dia ga pantes sama saya karna dia seorang mahasiswa smentara saya bukan,,
    apa benar yg dimaksud jodoh cerminan diri itu yg sederajat lulusanya juga?
    apa salah jika saya slalu meminta semoga nanti Allah menyatukan kami kembali dalam ikatan pernikahan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak... bukan itu.

      ada namanya vibrasi... atau getaran rasa... kalian hanya dijodohkan dengan orang yang satu frekwenasi

      Hapus
  6. Saya baru saja break pacaran setelah 4thun berpacaran... Kita sudah saling nyaman satu sama lain... Ortu si cowok saya juga sayang dengan saya... Tp ortu saya yg ga suka dengan cowok piliban saya...padahal kami mempunyai niat baik... Ingin merawat orang tua karena saya anak terakhir...
    Apa salah meminta kepada Allah agar kita dipersatukan lagi... Soalnya kita masih sama sama suka sekali.

    BalasHapus
  7. Saya baru saja break pacaran setelah 4thun berpacaran... Kita sudah saling nyaman satu sama lain... Ortu si cowok saya juga sayang dengan saya... Tp ortu saya yg ga suka dengan cowok piliban saya...padahal kami mempunyai niat baik... Ingin merawat orang tua karena saya anak terakhir...
    Apa salah meminta kepada Allah agar kita dipersatukan lagi... Soalnya kita masih sama sama suka sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak salah... berdoa saja. tapi pasrahkan hasilnya.

      Hapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  9. assalamualikum... maaf pak.. saya mau bertanya saya kan dijodohin dengan seseorang tapi saya gc mau tapi meskipun begitu oarang tuaku.. bersikukuh tuk menjodohkan saya dengan laki-laki itu.... tapi dihati saya..angat meyakini bahwa hodoh saya itu orang lain bukan dia, saya sangat tidak suka sekali pa laki2itu setiap kali saya melihat wajahnya saya takut bahkan saya menangis... dan saya mencoba untuk sholat istihoroh... entah kenapa di mimpi ku itu saya melihat laki2 yang pernah saya kenal 3 tahun belakangan... saya bingung pak mohon nasehat dan masukannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak mau dijodohin harus tau alasannya... kalau alasannya kuat, InsyaAllah orang tua mau menerima.

      Hapus
  10. Permisi jika doanya seperti ini bagaimana
    Ya Allah semoga si A bisa menikah dengan ku dimasa depan dan tolong kabulkanlah permohonanku Ya Allah Amin
    sekian terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berdoa saja... sambil bersabar... nanti seiring waktu.. kamu akan punya kesadaran mana yang tebaik. yang ka pinta belum tentu yang terbaik

      Hapus
  11. assalamualaikum... sy skrng lagi suka sama seseorng., dy kk temen sy, kmrin ktmu pas reunian tmn2 SMA kebetulan dirumh temn sy itu, bisa sy berdoa sama Allah jika sy baik untuk dy mudhkan jln kami tpi jika tidk hilangkan perasaan ini trrhdp dy.., pdhal sy pernah baca Allah benci dgn kata jika

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh... Allah gak benci dengan kata jika,

      Hapus
  12. Assalamualaikum saya mau tanya
    Bisakah saya menistikharahi lelaki yang belum pernah saya temui dan dia belum tau saya
    Sedang kan saya tau dia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh... ikhtiar dan pasrah ya

      Hapus
  13. Yang saling mencintai belum tentu berakhir di pernikahan... yang menikah juga belum tentu saling mencintai... ada yang cintanya pudar setelah menjalani pernikahan... tapi ada yang baru mulai mencintai setelah menjalani pernikahan.

    Yang kau cintai belum tentu jodohmu...yang jadi jodohmu belum tentu kau cintai. ada yang ditakdirkan menjadi jodohmu sampai kau mati namun ada pula yang sebentar.

    jadi jodoh itu apa? apakah jodoh itu identik dengan pernikahan atau percintaan?

    I dont know

    BalasHapus
    Balasan
    1. menarik om :D
      jodoh adalah kebersamaan, bisa karena pernikahan.. atau karena cinta. Nah loh..?

      Hapus
  14. Lιnda
    Perмιѕι jιĸa doa nya ѕeperтι ιnι
    Ya'allaн ĸaмι ѕυdaн laмa вerpacaran jadι ѕaya мoнon perѕaтυĸan laн ĸaмι dιdalaм pernιĸaнan, ĸaмι ιngιn мeмвιna rυмaн тangga yang ѕaмawaн

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh... namanya juga minta. Tapi pasrah dengan hasilnya ya

      Hapus
  15. Asalamualaikum pak, saya akan dijodohkan dengan org tua saya, betul dia sudah mapan, baik lakunya menurut org tua saya dan org tua dia, saya belum ketemu degan dia, tapi org tua saya berkata ketemu dulu dgn dia dan kenali dia tapi saya bersikukuh tdk mau krna hati saya belum siap untk menikah dan mengenalinya disamping itu saya mempunyai pacar. Saya takut disaat ketemu saya hanya bisa diam dan tdk bisa berbuat apa2 krna hati saya sebelumnya tdk ingin mengenalinya. Ketika saya menolak org tua saya marah mereka bilang dia tdk memaksa saya untk menerima dia tapi ketika saya menolak untk mengenalinya ortu saya malah marah. Disatu sisi saya jg berharap pacar saya untk menjadi jodoh saya. Dan saya berdoa kpada allah "yaallah jika saya berjodoh dengan pasangan saya dekatkan hamba dgn dia lunakkan hati org tua hamba untk menerima dia, tapi jika dia bukan jodoh hamba putuskan hamba dengn dia dengan tidak saling menyakiti" salahkah saya untk berdoa dan menolak keinginan org tua saya pak?mohon dijawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gini... Doa itu intinya pasrah, kita hanya bisa minta. Hasilnya dan caranya trserah pada Allah. gak usah nyuru-nyuruh allah caranya gimana, dengan siapa

      Hapus
  16. Asalamualaikum Pak
    Apa benar doa saya pak
    Soalnya saya meminta waktu kepada Allah
    Dalam waktu satu minggu
    Doa saya adalah jika dia adalah jodoh hamba maka simpan perasaan cinta saya terhadapnya sampai kami benar2 bertemu dalam satu ikatan , tp jika dia bukan jodoh hamba maka ikhlaskan lah hati hamba dan mohon bantu hamba agar bisa melupakan dirinya, dan jika dalam seminggu perasaan di dalam hati ku ini hilang maka saya tau jawabannya,,,

    Pak tolong penjelasaannya apakah saya terkesan egois dalam doa itu.
    Tolong pencerahannya karena saya merasa tidak tenang saat dia mencobah untuk menjauhi saya.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Doa itu pasrahkan saja... redaksi doamu diatas sudah cukup baik koq

      Hapus
  17. Asalamualaikum Pak
    Apa benar doa saya pak
    Soalnya saya meminta waktu kepada Allah
    Dalam waktu satu minggu
    Doa saya adalah jika dia adalah jodoh hamba maka simpan perasaan cinta saya terhadapnya sampai kami benar2 bertemu dalam satu ikatan , tp jika dia bukan jodoh hamba maka ikhlaskan lah hati hamba dan mohon bantu hamba agar bisa melupakan dirinya, dan jika dalam seminggu perasaan di dalam hati ku ini hilang maka saya tau jawabannya,,,

    Pak tolong penjelasaannya apakah saya terkesan egois dalam doa itu.
    Tolong pencerahannya karena saya merasa tidak tenang saat dia mencobah untuk menjauhi saya.....

    BalasHapus
  18. sekedar cerita . nama saya putri , saya punya tetangga dia punya anak laki - laki ngak tau kenapa anaknya itu sering sekali hadir di mimpi saya setelah saya mimpi digigit ular lalu saya mimpi dia pak memang saya banyak sekali mimpi laki" semuanya itu anak tetangga saya sendiri . saya mau tanya kira" arti dari mimpi saya itu apa ? terus terang hati saya tidak tenang karna memikirkan itu semua . mohon di jawab pak
    Terima kasih .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kata orang ma jodoh sih neng,

      Hapus
    2. Baca doa sebelum tidur... atau kalau kamu mau belajar Lucid Dream. Kamu bisa mengendalikan mimpimu itu

      Hapus
  19. Permisi jika doa nya seperti ini pak?
    Ya Allah jika hamba boleh memilih dan meminta kepadamu jadikanlah si A menjadi jodoh hamba ya Allah karena dia baik dan sholehah .
    Apakah benar ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dunia ini terlalu luas untuk menyimpulkan dia yang terbaik untukmu. doa saja minta yang baik dan soleh... siapa orangnya terserah.

      Hapus
  20. Saya pacaran 4 tahun,dan akhir nyaa kitaa pisah, tapii nta mengapa feeling saya dia jodoh saya, tapi saya selalu berbaiksangka, jika iaa bukan jodoh saya,maka ad jodoh yang lebih baik yang disiapkan Allah, bukan kah sperti itu pak ??

    BalasHapus
  21. Saya telah menjalin hub salama 1th dengan seorang janda..
    Selama ini hub kami baik baik saja..
    Tp setelah sang mantan suami minta balikan lagi dengan beribu alasan dan ancaman Ahir nya dia luluh dengan apa yg di minta nya..


    Trus sya berdoa pada Alloh meminta dia dikembalikan pada saya seperti semula sebelum sang mantan kembali..

    Apakah doa sya dosa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan gitu... masih banyak wanita lain koq

      Hapus
  22. Saya telah menjalin hub salama 1th dengan seorang janda..
    Selama ini hub kami baik baik saja..
    Tp setelah sang mantan suami minta balikan lagi dengan beribu alasan dan ancaman Ahir nya dia luluh dengan apa yg di minta nya..


    Trus sya berdoa pada Alloh meminta dia dikembalikan pada saya seperti semula sebelum sang mantan kembali..

    Apakah doa sya dosa

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. Saya suka sama cewek tapi skrg udah jadi mantan padahal saya udah ada niat serius sama dia apa mungkin dia jodoh saya karna udah 3 tahun kami pisah :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga ada yang tidak mungkinAllah maha membolak balikan hati

      Hapus
  25. Yg baik dengan yg baik,yg jahat dengan yg jahat..tp saya merasa bukan orang yg baik..tp saya sangat7 menginginkan yg baik,dan orangnya sudah ada dalam pikiran ku..
    Apakah saya salah dan tidak kan mngkin bisa bersamanya,walau di setiap doa ku ada namanya.. ??
    Tolong dijawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak salah jika memang wanita itu bisa membuat anda menjadi lebih baik lagi maka anda tidak salah

      Hapus
    2. Yang baik bersama yg baik, yg belum baik semoga dipertemukan dengan orang yg pintar memperbaiki

      Hapus
  26. Pak, saya sudah berpacaran selama 3 tahun. Selama saya pacaran dengan lelaki itu, saya lebih banyak melakukan hal-hal yang buruk meskipun ada perubahan yang positif juga. Dia mengajak saya menikah, namun entah dengan alasan kuliah selalu ditunda. bahkan hanya untuk sekedar melamar pun harus dipaksa dan belum terealisasi. Timbul rasa ragu di dalam hati saya yang membuat saya stres dan sedih terus menerus. Padahal selama tiga tahun ini saya belum pernah bosan ke pacar saya atau sampai naksir orang lain. Tapi baru-baru ini hati saya goyah. Ada diri laki-laki lain dalam hati saya. Lalu, saya harus apa pak? do'a apa yang saya harus sampaikan kepada Allah. Saya merasa malu meminta, namun saya merasa takut dan hampa. hidup saya rasanya hampa. Hampir banyak hal dalam hidup saya yang gagal, pendidikan pun. Apakah yang harus saya sampaikan kepada Allah?

    BalasHapus
  27. Pa saya sangat mencintai seorang wanita yg satu ini saya lebih memandang dia daripada wanita lain. Saya sempat bilang ke dia, tetapi yang saya sangat sesali adalah saya salah untuk mendekati dia yg ada dia malah sangat membenci saya. Apakah masih ada harapan untuk saya terus berdoa kepada Allah SWT. Terkadang dia selalu hadir di mimpi saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada harapan, bukankah allah maha membolak balikkan hati
      dan ada juga hadis nabi tentang membenci dan mencintai “Cintailah kekasihmu (secara) sedang-sedang saja, siapa tahu disuatu hari nanti dia akan menjadi musuhmu; dan bencilah orang yang engkau benci (secara) biasa-biasa saja, siapa tahu pada suatu hari nanti dia akan menjadi kecintaanmu” (Riwayat Turmidzi)

      Hapus
  28. Assalamualaikum wr. Wb
    Saya mempunyai pacar, disaat pacaran dengan nya saya blm pernah jumpa dengan keluarga nya, setelah saya tamat wisuda pacar berniat ingin menjalani hubungan yg lbh serius dgn saya, dan dia pun ingin mengenali saya dengan keluarga nya, disaat dia baru saja mau mengenali saya dengan keluarga nya, awal nya keluarga nya senang, tetapi karna perbedaan suku hubungan kami harus berakhir, karna orang tua pacar saya langsung menjodohkan pacar saya dengan wanita lain dan akan segera melakukan acara lamaran. Disaat kami lagi sayang sayang nya, kami harus berhenti karna keadaaan yg harus memisahkan. Pacar saya memilih membahagiakan orang tua nya, meskipun dia masih mencintai saya. Saya mendukung keputusannya utk memilih orang tua nya, tp hati saya sangat sakit sekali melepaskan lelaki yg saya cinta utk melamar wanita lain. Bolehkan saya berdoa kepada allah untuk memberikan keajaiban kepada saya, agar allah membatalkan lamaran dia terhadap wanita lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duuhhh mba, cerita nya hampir mirip sama saya. Putus karena keadaan yang sama.
      Berfikir untuk mengiklaskan agak sukar. Seiring berjalan nya waktu Insya Allah bisa mba. Terpenting memperbaiki diri menjadi lebih baik. Agar mendapatkan yang baik jodohnya. Dan saya juga masih berdoa untuk dia agar dipertemukan kembali di waktu yang tepat menurut Allah menjadi jodoh saya Aamiin. Gak ada yang gak mungkin menurut Allah mba, jika Allah mengkhendaki Insya Allah bisa dipersatukan mba. Yang penting hasil doa nya kita serahkan kepada Allah. Allah maha mengetahui sedangkan manusia tidak. Percaya takdir Allah baik untuk umatnya. :)

      Hapus
    2. Sama mbaa... Saya jg harus putus karena beda suku.. padahal kita berencana menikah akhir tahun.. keluarga pacar saya tidak merestui karena beda suku.. dan dia sudah d jodohkan... Dalam hati selalu berharap ada keajaiban dari Allah SWT... Bagaimanapun jg saya cuma bisa pasrah pada Allah SWT, ketentuan-Nya adalah yg terbaik.. bismillah semua akan baik-baik saja

      Hapus
  29. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  30. tpi kalau sudh berdoa agar si A menjadi jodoh saya dan si A tetap bukan jodoh saya gimana tuh mas?

    BalasHapus
  31. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  32. Menurut saya perbaiki diri dulu jadilah kekasih allah, tidak larangan yg melarang kita meminta si a si b atau si c jd jodoh kita allah maha mengetahui segala yg ada dibumi dan isinya jangan kan hati manusia daun yg jatuh dr pohon pun allah tau

    BalasHapus
  33. saya seorang wanita yang jatuh cinta pada seorang pria...
    10 tahun saya mencintainya dalam diam..saya tidak berani mengungkapkan selain karena malu, saya juga takut dia merasa tidak nyaman dengan keberadaan saya karena dulu dia pernah menghindari sya saat teman saya mengatakan kalau saya sepertinya ad hati sama dia padhal waktu itu saya bahkan belum sadar akan perasaan saya...
    Selama 10 tahun saya tidak pernah menemuinya...
    Selama itu saya juga terus berusaha meupakannya karena saya sadar dia tidak akan pernah mandang saya,bahkan dia saat kami berpapasan dia juga tidak ingat sama saya...
    Hanya bait2 doa yang selalu saya panjatkan untuk kebaikannya...
    Hingga akhirnya saya mendengar kabar dia meninggal dunia...
    Saya sangat sedih...
    Saya sangat sedih tapi saya berusaha menahan air mata saya karena saya khawatir tangisan saya justru akan menjadi siksaan untuknya di alam sana...
    Saya berusaha melupakannya tapi entah mengapa terasa begitu sulit...
    Yang ingin saya tanyakan
    1. Dosakah jika saya berdoa semoga allah mempeetemukan kami dibakhirat padahal saya dan dia sama2 belum menikah...
    2. Dosakah saya jika menolak lamaran seorang pria,karena saya kwatir akan berbuat zolim kepada suami saya kelak sebab dihati saya masih ada dia yang telah tiada...

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Gak dosa... Cuma kayaknya gak baik deh kayak gitu. Kesannya seperti mendikte Tuhan seolah cuma orang itu yang terbaik buatmu.
      2. Gak dosa juga.. Kamu berhak menolak siapa pun. Tapi apakah iu baik buatmu kalau terus menerus dilakukan?

      Hapus
  34. Assalamualaikum wr wb
    Saya seorang wanita yg memiliki pacar. Kami pacaran sudh hmpir 4thn, dan insyallah thn ni akan melangsunhkan prnikahan. Ttpi di akhir2 ni saya melihat prubahan pda pcar saya, bnyk sft buruk yg gk sya suka. Dan saya pun mulai takut utk menjdikan dia seorang suami buat sya. Krn sudh trlnjur syang, dn sya jg udh sayang sma kluarganya dn brhubung prnikhan ni sudh mulai dkt. Mau gk mau saya hrus mlnjutkan hubungan ii. Ttpi saya sllu brdoa utk mnita kpd allah agar dia bisa brubah dan d bukakan pntu hati utk brtobat k jln allah. Srta saya jg brdoa agar dia d beri klncaran rezeki utk mlancarkan ibadah dan niat baik nya utk mmprsunting saya.

    Prtnyaannya. Bolehkan saya berdoa sprti tu srta menyebutkan nama dia dlm doa saya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kata "terlanjur" itu seperti terpaksa. Gak ada paksaan dalam menikah, jika ragu, tinggalkan. Memilih siapa pasangan hidup kita, itu menentukan 90% kebahagiaan kita selanjutnya.

      Hati hati... Silakan tinda dulu sampai kamu yakin dan mantap.

      Bagaimana kamu berdoa, silakan saja seperti ang sudah kamu lakukan.

      Hapus
  35. Assalamu'alaikum..
    Saya beberapa kali gagal saat niat untuk menuju pernikahan, hingga akhirnya memutuskn untuk tdk mencintai siapa pun..
    Tp ada seseorg yg menggetarkn hati saya dan kami pun berencana menika, namun krn hal lain kami berpisah..
    Tp dia blg dia akn ttp ada 24jm untuk saya, dan kami msh bs bertemu (itu terbukti).
    Hanya saja saya sedih krn kami tak terikat lg, saya slalu meminta dg sgala kerendahan hati pd sang pemilik hati, agar hati nya d bukakan dan d gerakn lg pd saya, agar d kuat kn lg keyakinan hati nya pd hati saya..
    Niat saya ingin merubah smua yg haram menjadi halal ustd..
    Merubah smua menjadi ibadah hanya pd-Nya..
    Apakah boleh saya berharap Pada Sang pemilik hati ustdz?? Boleh saya meminta Pada-Nya yg menguasai hati dia?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berkali-kali gagal dalam menuju pernikahan mungkin sudah membentuk mental block. Kamu akan mengalami cerita yang sama kalau mindset kamu belum berubah.

      Berdoalah... Tapi jangan mendikte.

      Hapus
  36. Dan sama bertanya" dg dia yg memutuskn berpisah namun tetap ada untuk saya ustzdz,mengapa dia demikian??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yabkalaubitu sih tanya aja sama dia.. Karena jawabannya bisa banyak kemungkinan.

      Hapus
  37. Pak saya mau bertanya, Allah memang menyuruh hambanya untuk meminta padanya.. tapi tidak dengan permintaan yang berlebihan. Saya mau bertanya apakah doa seperti ini
    " Ya Allah berikanlah hambamu jodoh yang beriman, sholeh/sholehah, yang berprilaku baik, mapan dan yang rupawan" apakah doa itu termasuk berlebihan?.
    Dan jika kita menyukai seseorang namun berbeda keyakinan dan memohon pada sang kuasa agar si dia diberikan jalan dan dibalikkan hatinya agar berada satu keyakinan dengan hamba Allah dan dijodohkan dengan ridho Allah. Apakah itu juga termasuk doa yg berlebihan meminta kepada Allah apa tidak?.

    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Koq kamu yakin sekali kebahagiaan kamu ada pada laki laki itu? Intinya kamu menikah agar bisa hidup bahagia... Kamu itu tujuan utamanya hidup bahagia. Jadi serahkan saja pada Allah, siapayang paling pantas membahagiakan kamu.

      Hapus
  38. Pak saya mau tanya. Kami udh pcaran slama 3 tahun. Dan slama itu jga aku meminta smoga brjodoh dengan dia. Tpi ortu dia negasin dia cri yg deket2 ja soalnya aku ama dia jauh pak. Apakah saya msih boleh meminta supaya brjodoh ma dia dan luluhkan hati ortunya buat restuin kami?? Tolong dijawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh saja.... Ikhtiar kamu sekarang dekati orang tuanya.

      Hapus
  39. Pak saya mau tanya. Kami udh pcaran slama 3 tahun. Dan slama itu jga aku meminta smoga brjodoh dengan dia. Tpi ortu dia negasin dia cri yg deket2 ja soalnya aku ama dia jauh pak. Apakah saya msih boleh meminta supaya brjodoh ma dia dan luluhkan hati ortunya buat restuin kami?? Tolong dijawab

    BalasHapus
  40. Asalamualaikum..
    Saya mau bertanya pak. Saya suka ama seseorang . Kita saling menyayangi tpi kendalanya ortu nya tdk merestui kita.... boleh tdk saya memlerjuangkan itu semua buat di restui oleh ortunya. Dan sampai2 ortuny itu memberikan 2 pilihan ke si cwe. Pilih saya atau keluarga. Klo milih saya ortunya lepas tangan ke si cewek klo ada apa2. Lalu ceweknya memilih keluarganya. Disitu ada perbincangan masalah saya dan dia... sampai2 dia bilang ke saya. Jangn memaksakan takdir tuhan. Mungkin ini hasil akhir dr kita bahwa kita tdk berjodoh. Dan tdk meyakini allah. Dan aku menjawabnya . Saya ini bkn memaksa takdir. Tdk yakin kelada allah, iya aku tau rezeki. Jodoh dan maut allah yg menentukan. Tpi setidaknya kita berikhtiar dan bersoa. Dan terus meyakini merwka perlahan2. Padahal disitu niat saya berusaha untuk memperjuangkan hubungan supaya bisa direstui dan menuju ke hubungan yg baik untuk kedepannya. Tapi mengngapnya saya itu sudah tdk meyakini takdir allah .Apakah menurut bpk ikhtiar aku itu salah menurut pandangan agama ? Trimakasih

    BalasHapus
  41. Saya jacira saya ingin bersyukur dan saya akan selalu bersyukur kepada drujiagbe yang membawa pulang suami perceraian saya yang telah meninggalkan saya selama 6 tahun dalam 48 jam, saya telah mengatakan tentang hal ini bulan lalu tapi saya berjanji untuk selalu memberi tahu orang-orang tentang hal ini setiap bulan sekali. bahwa mereka yang tidak membacanya minggu lalu akan membacanya sekarang, saya telah mencari cara untuk hamil dan bagaimana agar suami perceraian saya kembali ke hidup saya karena saya mencintainya dengan sepenuh hati, saya bisa tidak menggantinya dengan tubuh apapun, suatu hari saya menonton televisi saya ketika saya melihat seorang wanita yang bersyukur kepada drujiagbe dan mengatakan kepada dunia bagaimana dia membantunya saya sangat terkejut sehingga saya tidak dapat mempercayainya karena saya tidak pernah mengajarkan bahwa ada kekuatan yang bisa membawa kembali kehilangan perkawinan, lalu begitulah cara saya memutuskan untuk menghubungi dia juga karena saya benar-benar membutuhkan suami saya yang bercerai kembali, ketika saya menghubungi dia, saya menceritakan semuanya kepadanya dan dia mengatakan kepada saya untuk tidak khawatir bahwa suami saya yang bercerai pasti akan kembali kepada saya. , dalam 48 jam pada awalnya i tidak bisa percaya karena saya berpikir bagaimana mungkin seseorang yang telah pergi untuk 6 tahun kembali dalam waktu 48 jam, maka saya memutuskan untuk menonton dan melihat, tidak dapat dipercaya dalam 48 jam berikutnya saya menerima telepon dari nomor yang tidak diketahui, jadi saya memilih panggilan untuk hal berikutnya. Saya bisa mendengar suara suami saya bahwa dia memohon dan mengemis saya di telepon bahwa saya harus memaafkannya bahwa saya harus melupakan semua yang telah terjadi bahwa dia tidak tahu apa yang terjadi padanya, dia berjanji untuk tidak pergi karena alasan apapun, bahwa dia benar-benar menyesal atas apa yang dia lakukan, saya sangat terkejut karena saya tidak pernah percaya bahwa ini bisa terjadi, jadi begitulah saya menerima permintaan maafnya dan keesokan paginya dia kembali ke rumah untuk menemui saya dan masih memohon agar saya memaafkannya dia mengatakan dia bahwa semuanya baik-baik saja bahwa saya telah memaafkannya, begitulah kami memulai lagi dan dia memiliki Perubahan, saya berjanji untuk mengatakan kesaksian ini di stasiun radio, mengomentari kesaksian ini bahwa sekarang saya hamil, tapi tetap saja sebelum bulan ini habis saya berjanji untuk mengatakan ini di r adio station dan saya akan pak, terima kasih banyak. Dunia tolong mohon maaf kepada orang-orang untuk mencoba dan membantu saya berterima kasih pada pria ini untuk saya, atau jika Anda membutuhkan pertolongannya di sini adalah alamat emailnya drujiagbeblacktemple@gmail.com

    BalasHapus
  42. pak waktu itu saya melihat cewek cantik buat saya, cewek itu sangat saya suka dan saya sangat impikan menjadi pasangan saya,, apakah jika saya meminta akan menjadi dengan saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya selama kamu gak pernah dekatibya gak bakal jadi milikmu

      Hapus
  43. Assalamualaikum. Maaf jika jodoh bisa diubah dengan doa. Apakah misalnya seaeorang jodohnya a kemudian seseorang itu berdoa agar jodohnya si b. Apakah bisa allah rubah? Jika bisa. Bagaimaana caranya kita berdoa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jodoh kamu itu dalam catatan Tuhan gakcuma 1. Ada banyak pilihan... Tergantung kepantasan dirimu. Jika saat ini kamu bernilai 80, maka kamu akandijodohkan dengan orang yang bernilai 80. Jika kamu berubah menjadi lebih baik, misalnya 95.. Maka jodohmu akan menyesuaikan. Apakah ada orang yang bernilai 80 menikah dengan orang yang bernilai 50? Ada.. Tapi hidupnya tidak bahagia.

      Hapus
  44. Benar nggak bu, untuk kembalikhan cinta seorg. Tp dia milik keluarga, tp dia merasa tidak bahgia, dia mencintai saya, tethalang istrinya, apa bisa nggak jln ug terbaik

    BalasHapus
  45. Saya berhubungan sudah 4tahun. Lalu saya diputuskan dengan si cowo ini karena cowo ini mau hijah... Walaupun alasannya bagus tp hati saya masih sakit dan insyaAllah saya selalu mencoba untuk ikhlas tetapi entah kenapa dia masih selalu hadir difikiran dan mimpi saya... Dan entah mengapa saya feeling kalo dia adalah jodoh saya... Dia berjanji akan melamar saya suatu saat nanti jika memang jodoh. Yg mau saya tanyakan skrg saya mencoba hijrah juga lebih baik lagi, apakah salah jika saya berhijrah berniat ingin agar samasama pantas dan dijodohkan sama Allah kelak? Semoga dijawab ya terima kasih

    BalasHapus
  46. Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal maula wani'man nasir...
    Semua sudah ketetapan Tuhan 😇

    BalasHapus